FTP Server menggunakan FileZilla

Kamis, 21 April 2011

     File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dalam FTP Server harus ada FTP Server dan FTP Client.

     FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software yang memberikan layanan tukar menukar file dengan selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP Client.

     Filezilla server adalah sebuah aplikasi untuk memanage ftp server.. filezilla server yg telah terinstall pada komputer server tidak dapat langsung bisa di akses oleh client dikarenakan kita harus mengkonfigurasi windows firewallnya terlebih dahulu.

Membuat FTP Server menggunakan Filezilla , dengan beberapa langkah sebagai berikut :
  1. Download dan Install Filezilla FTP Server. Untuk FileZilla client dapat di download di http://sourceforge.net/projects/filezilla/files/FileZilla_Client/3.4.0/FileZilla_3.4.0_win32-setup.exe/download dan FileZilla Server dapat di download di http://sourceforge.net/projects/filezilla/files/FileZilla%20Server/0.9.37/FileZilla_Server-0_9_37.exe/download
  2. Jalankan FTP Server, pada Start Menu – FileZilla Server – FileZilla Server Interface
  3. Dalam dialog ini , centang Always connect to this server dan klik tombol OK 
  4. Klik pada icon  atau User Accounts Dialog . Akan muncul dialog seperti berikut ini .
  5. Klik tombol Add pada panel Users maka akan muncul dialog seperti berikut. Isikan username untuk user account. Lalu klik OK. 
  6. Pada panel Account Settings, centang Password dan isikan password untuk memproteksi agar tidak sembarang orang dapat mengakses secara langsung file yang di share.
  7. Masuk pada Shared Folders pada panel Page . 
  8. Pada panel Shared Folders, klik tombol Add untuk memilih file yang akan di share.
    Opsi pada panel Files , centang Read untuk memberikan akses kepada orang lain sehingga dapat mengcopy filedari ftp anda, sedangkan Write  berarti memberikan akses agar orang lain juga dapat mengcopykan ke dalam ftp anda. Klik OK .
  9. Klik pada icon  atau Option dialog , akan muncul dialog seperti berikut.
  10. Pilih Security Settings pada menu , dan hilangkan centang pada Bounce Attacks / FXP Transfers. Lalu kli OK .


File tersebut dapat diakses pada ftp://192.168.133.42

0 komentar:

Posting Komentar